[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: 10 TIPS MENGENDALIKAN AMARAH ANDA Motivasi & Inspirasi Super: 10 TIPS MENGENDALIKAN AMARAH ANDA Status YM

Saturday, 9 June 2012

10 TIPS MENGENDALIKAN AMARAH ANDA


Marah adalah normal. Ini adalah emosi manusia dan biasanya sehat. Tetapi ketika disalahpahami dan menjadi tidak terkendali, menjadi destruktif. Hal ini dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dan membahayakan kesehatan Anda serta kehidupan Anda. Jadi jika Anda ingin hidup lebih lama dan menjadi orang yang lebih baik maka ikuti 10 tips mengendalikan amarah, dan Anda akan tercerahkan.

1. Istirahat. Ketika Anda merasa marah, istirahat. Beri diri Anda waktu untuk meredakan kemarahan Anda. Pelan sedikit. Menjauh dari situasi atau orang yang yang membuat Anda marah. Menghitung sampai 10 benar-benar membantu. Jadi ketika terjadi kemarahan, istirahat, mengambil waktu dan tenang.

2. Ekspresikan kemarahan Anda dengan benar. Setelah Anda tenang dan berpikir jernih, ekspresikan kemarahan dengan cara yang asertif. Mengekspresikan frustrasi Anda dengan berteriak dan memukul tidak akan membuat diri Anda didengar. Nyatakan kebutuhan dan kekhawatiran Anda secara jelas dan langsung tanpa menyakiti orang lain dan diri sendiri.

3. Latih tubuh Anda. Jika masih sulit bagi Anda untuk menenangkan diri dengan menjadi diam, mencoba berolahraga sebagai saluran untuk kemarahan Anda. Hindari merokok dan gerakkan tubuh Anda. Peregangan, latihan pernapasan, atau berjalan-jalan. Aktivitas fisik memicu otak untuk melepaskan bahan kimia yang mengontrol rasa sakit dan stres dan membuat Anda merasa senang. Sembuhkan kemarahan anda dengan berjalan-jalan.

4. Pikir dulu, bertindak kemudian. Ketika kemarahan tidak terkontrol, itu membuat Anda melakukan hal-hal yang pasti Anda akan sesali di kemudian hari. Pikirkan dulu. Sadarilah bahwa kemarahan berusaha mengendalikan Anda. Berikan diri Anda waktu untuk mengumpulkan pikiran dan menggunakan logika. Kemudian cobalah untuk mengekspresikan diri tanpa membuat orang lain marah juga.

5. Fokus pada solusi. Ketika kita marah, kita berpikir tentang apa yang membuat kita marah dan apa yang bisa kita lakukan untuk memuaskan kemarahan itu. Dan itu selalu mengarah pada hasil yang merusak. Sebaliknya, fokus pada solusi untuk kemarahan Anda dan masalah Anda. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan membuat Anda bodoh.

6. Stop menunjuk. Hindari mengkritik dan menyalahkan orang lain. Melakukan hal itu hanya akan meningkatkan ketegangan dan selanjutnya akan menyebabkan kemarahan bagi semua orang yang terlibat. Jadilah hormat dan spesifik. Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati. Daripada mengatakan, “Anda tidak melakukan pekerjaan Anda!” katakan, “Saya kecewa karena Anda tidak melakukan banyak upaya dalam pekerjaan Anda.”

7. Jangan menyimpan dendam. Belajarlah untuk memaafkan orang lain dan diri sendiri. Ketika kemarahan Anda dinyatakan dengan tidak benar, itu akan berubah menjadi dendam. Hati dan pikiran Anda akan diisi dengan hal negatif dan Anda akan menjadi orang terburuk yang pernah ada. Jadilah orang besar dan memaafkan.

8. Gunakan humor. Humor ketika digunakan dengan benar, dapat meringankan situasi dan membantu mencairkan ketegangan. Hindari sarkasme sebanyak mungkin karena dapat menyakiti perasaan dan memperburuk keadaan.

9. Bermeditasi. Meditasi memungkinkan pikiran dan tubuh untuk memasuki keadaan relaksasi dan kedamaian batin. Lepaskan diri Anda dari semua emosi negatif dan fokus pada apa yang positif. Anda juga dapat mencoba teknik relaksasi lainnya seperti latihan pernapasan, mendengarkan musik, menulis jurnal, atau beberapa pose yoga. Coba segala sesuatu yang mendorong relaksasi.

10. Mencari bantuan. Jangan sampai kemarahan Anda membuat Anda jauh dari kehidupan normal, karier yang sukses atau hubungan yang penuh kasih. Mintalah bantuan jika Anda bisa. Kita semua tahu tentang kelas-kelas manajemen kemarahan yang dapat membantu Anda memahami lebih lanjut tentang kemarahan dan bagaimana Anda dapat mengendalikannya. Mulai sekitar diri Anda dengan orang-orang yang bersedia untuk membantu Anda menjadi orang yang lebih baik.

Kemarahan adalah emosi yang kuat dan ia mampu mempengaruhi kita dengan cara yang hebat. Tujuan di sini tidak untuk menghentikan Anda dari mulai marah, melainkan untuk mengendalikan amarah Anda sehingga Anda dapat menghindari menyakiti diri sendiri dan orang lain.

0 comments:

Post a Comment