[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: CARA MENGUJI KEPRIBADIAN TEMAN Motivasi & Inspirasi Super: CARA MENGUJI KEPRIBADIAN TEMAN Status YM

Friday, 1 June 2012

CARA MENGUJI KEPRIBADIAN TEMAN


Dulu waktu saya masih SMA ada istilah PMP yang artinya “Prend Makan Prend”. Rada maksa khas anak muda. Maksudnya teman yang mengkhianati teman. Bisa mengkhianati dalam urusan cinta, uang, pertemanan dan sebagainya. Kasus seperti ini sampai sekarang masih ada dan akan terus ada. Mungkin dari zaman dahulu kala pertemanan tidak selalu berjalan mulus dan lurus. Ada saja teman yang tidak seiring sejalan bahkan bisa menusuk dari belakang.

Kawan bisa menjadi lawan. Sangat mungkin terjadi ketika terjadi perbedaan pendapat atau perselisihan yang tak bisa diselesaikan. Apalagi ketika kepribadian teman itu baru ketahuan. Ternyata dia bukan orang yang memiliki kepribadian baik. Kita belum tentu tahu kepribadian teman-teman kita sendiri. Padahal teman adalah orang terdekat dan berpengaruh untuk diri kita setelah keluarga. Memilih teman dengan kepribadian yang baik adalah sebuah keharusan.

Ada beberapa cara untuk menguji kepribadian seseorang diantaranya yaitu:

1. Melakukan Perjalanan Bersama

Perjalanan yang jauh dengan teman-teman akan membuat interaksi semakin dalam. Banyak hal bisa dibicarakan dan dilakukan bersama. Dari sini kita akan bisa mengenal lebih dekat siapa sebenarnya mereka. Apa yang mereka suka dan tidak suka. Pandangan mereka terhadap suatu masalah tertentu dapat dinilai dari pembicaraan. Tingkah laku mereka pun akan mudah terlihat.

Apalagi jika perjalanannya membutuhkan waktu lama dan melalui berbagai kesulitan. Misalnya mendaki gunung. Kepribadian seseorang akan lebih terlihat ketika sedang dalam kesulitan dan kelelahan. Apakah mereka orang yang egois, setia kawan, mudah marah, suka mengeluh, dan sebagainya akan muncul ke permukaan.

2. Menginap Bersama

Tidur bareng teman-teman entah di rumah atau di alam terbuka sangat menyenangkan. Momen ini juga bisa meningkatkan kebersamaan dan keakraban. Obrolan dari yang serius sampai lawakan akan keluar semua. Bahkan terkadang curhat yang belum pernah diungkapkan pun bisa terkuak. Mungkin masalah keluarga, cinta atau persahabatan yang selama ini tertutup dalam bisa tertumpahkan.

Inilah saat yang tepat untuk mengenal lebih dalam kepribadian seseorang. Kita bisa tahu siapa sebenarnya mereka. Teman yang suka mabuk mungkin akan mengajak kita minum minuman beralkohol. Teman yang hobi menonton film biru bisa jadi ngajak nonton bareng. Sementara teman yang suka sholat pasti akan mengajak kita beribadah ketika adzan datang. Kebiasaan baik atau buruk seseorang akan terlihat.

3. Urusan Uang

Pertemanan akan teruji dengan urusan uang. Terkadang ada teman yang meminjam uang karena ada suatu keperluan. Teman yang baik akan berusaha mengembalikan uang sesuai dengan perjanjian. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk menepati janji. Tidak ingin mengecewakan teman dan merusak persahabatan.

Teman yang kurang baik mungkin akan mengambil kesempatan. Mereka akan sering meminjam uang tapi sulit mengembalikan dengan berbagai alasan. Bahkan ketika mau ditagih pun mereka akan menghindar. Persahabatan pun rela mereka korbankan. Uang adalah penguji persahabatan.

Semakin lama dan sering kita berinteraksi dengan seseorang, kita akan lebih mengenal mereka. Setelah sekian lama, kita pun akan saling memahami kepribadian masing-masing. Waktu akan menentukan apakah dia seorang teman sejati atau hanya teman ketika ada keperluan. Teman sejati akan selalu menemani, dalam suka maupun duka.

0 comments:

Post a Comment