[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: TIPS BERHENTI MEROKOK Motivasi & Inspirasi Super: TIPS BERHENTI MEROKOK Status YM

Wednesday, 6 June 2012

TIPS BERHENTI MEROKOK

Banyak dampak negatif yang timbul dari rokok maupun asapnya. Tapi kenapa masih aja banyak orang yang merokok? Salah satu faktornya dikarenakan setres atau menjadi tren masa kini. Makannya jangan heran kalau banyak perokok sekarang ini. Tapi taukah anda bahwa rokok membawa dampak paling buruk. Seperti kematian, menyebabkan penyakit, susah tidur, kanker (kantong kering), dan lain sebagainya.

Dengan dampak yang begitu parah, marilah usahakan hidup sehat tanpa rokok. Walaupun itu karena trend, stres, depresi atau lainnya. Karena dengan begini kita akan menjadi hidup sehat, mengurangi kematian, kemiskinan dan sebagainya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan ini, seperti :

1. Niat
Niat merupakan modal awal untuk berhenti merokok. Tanpa niat anda takkan bisa untuk berhenti merokok. Karena niat menjadi pondasi paling awal yang kuat. Dasar tersebut harus kuat, karena tidak mudah bagi para perokok untuk berhenti merokok kalau tanpa dasar ini.

2. Kurangi rokok
Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Itulah kata yang tepat untuk hal seperti ini. Karena dengan begitu lama-kelamaan kecanduan rokok akan menghilang walaupun dengan sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk mencatat kemajuan anda tersebuat. Dan tak lupa untuk niat awal anda.

3. Olahraga
Olahraga merupakan salah satu cara praktis untuk mengurangi rokok. Karena dalam olahraga maka nikotin dalam tubuh akan berangsur berkurang. Dengan begitu maka jika anda merokok secara tidak langsung tubuh anda sepontan menolak, seperti batuk-batuk atau sakit. Bisa saja anda akan berlahan-lahan mungurangi kebiasaan buruk tersebut.

4. Kurangi begadang
Dengan mengurangi begadang atau tidur sampai larut malam kita akan berfikir secara jernih di hari berikutnya. Jika kita menerapkan cara ini, kita akan terhindar dengan kecanduan merokok. Karena sebab utama ingin selalu merokok dikarenakan pikiran sumpek.

5. Tahan keinginan anda
Jika anda berhenti merokok secara bertahap, setiap anda merasakan dorongan untuk merokok, tunggulah 5 menit sebelum menyalakannya, kata Dr. Powell. Setelah beberapa hari, perpanjang penundaan itu hingga 10 menit. Beberapa hari kemudian, perpanjang lagi menjadi 15 menit, dan seterusnya. “Anda akan menemukan bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang semakin cepat”.

Selain itu, kata Robert Van de Castle, ‘ Ph.D., profesor emeritus di University of Virginia Medical Center di Charlottesville. Cobalah menerangkan mengapa Anda meneruskan kebiasaan itu walaupun tahu bahwa itu akan mengurangi umur Anda dan mungkin tidak akan dapat menyaksikan putra Anda lulus dari perguruan tinggi, menikah atau peristiwa penting lain.

0 comments:

Post a Comment