[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: FROM NOTHING TO SOMETHING Motivasi & Inspirasi Super: FROM NOTHING TO SOMETHING Status YM

Tuesday, 4 September 2012

FROM NOTHING TO SOMETHING

Semalam sebuah televisi Indonesia menayangkan film Armageddon (1998). Meski peran Bruce Willis dan Ben Affleck lebih menjadi perhatian, sosok Michael Clarke Duncan mudah dikenali. Tingginya yang hampir dua meter membuatnya sulit dilupakan.
 
Pagi ini kabar buruk datang dari Amerika. Lelaki kelahiran Chicago, 10 Desember 1967 ini dikabarkan meninggal dunia, 3 September 2012, karena sakit jantung.

Film Armageddon hanyalah satu filmnya yang ikut memopulerkan namanya. Namun ia lebih dikenal berkat aktingnya dalam film The Green Mile yang membuatnya dinominasikan meraih Piala Oscar dan Golden Globe tahun 1999. Hingga akhir hayatnya ia telah membintangi 60-an film dari mulai namanya tak dicantumkan di credit title hingga menjadi bintang utama.

Kisah hidup Duncan sendiri menembus jajaran bintang Hollywood sangat inspiratif.Duncan dibesarkan oleh single parent, seorang ibu yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, karena ayahnya meninggalkan keluarganya. Sejak kecil ia bercita-cita jadi bintang film tetapi pada awalnya tak kesampaian. Ia juga gagal sekolah karena drop-out dari Alcorn State University. Saat itu ia harus meninggalkan kuliah untuk bekerja karena ibunya jatuh sakit.

Awalnya ia bekerja sebagai tukang gali di perusahaan gas. Tubuhnya yang setinggi 196 cm dengan berat 142 kg membantunya di bidang pekerjaan itu. Namun tak lama kemudian pindah kerja menjadi seorang sekuriti (satpam) di beberapa klub malam. Sambil begitu ia mencari-cari kesempatan untuk ikut berbagai audisi agar bisa menjadi bintang film.

Kesempatan menjadi bintang film makin dekat ketika ia menjadi bodyguard beberapa bintang film Hollywood terkenal seperti Will Smith, Martin Lawrence, Jamie Foxx, LL Cool J, dan Notorious B.I.G. Namun ia berhenti dari pekerjaan itu setelah B.I.G terbunuh pada tahun 1997. Pada saat itu ia sudah mendapat sejumlah peran kecil di beberapa film. Karena kecilnya bahkan namanya kadang tak dicantumkan. Perannya pun disesuaikan dengan ukuran tubuhnya, seperti jadi tukang gali, satpam, atau bodyguard. Dengan peran itulah ia terpilih untuk ikut membintangi film Armageddon pada tahun 1998. Di sana ia berperan sebagai tukang gali yang akan menaman bom nuklir di sebuah asteroid yang akan menabrak bumi. 

green
 
Duncan dalam The Green Mile.
Sukses Armageddon, Duncan mendapat tawaran membintangi film The Green Mile mendampingi Tom Hanks. Film ini sukses luar biasa baik dari segi penjualan maupun penghargaan. Di ajang Academy Award saja The Green Mile meraih empat nominasi termasuk untuk pemeran pembantu pria yang diperankan Duncan. Sejak saat itulah kebintangan Duncan bersinar. 

Bagi Duncan setiap hal selalu punya makna. Ia lebih suka mencari apa makna di balik suatu peritiswa ketimbang mengeluhkannya. "Ketika sesuatu terjadi, kita selalu berkata itu pasti ada sebabnya," katanya suatu ketika. Tak ada bintang film yang lahir tanpa kerja keras. Karena itu meski ia hanya jadi satpam pada awalnya, ia memaknai profesi itu sebagai batu loncatan menjadi bintang film Hollywood. Dengan tekad yang kuat ia pun berhasil. Satu lagi contoh seseorang yang sukses: "From Nothing to Something".

0 comments:

Post a Comment