[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: MAKIN SUKSES BERKAT KOMUNITAS Motivasi & Inspirasi Super: MAKIN SUKSES BERKAT KOMUNITAS Status YM

Thursday, 27 December 2012

MAKIN SUKSES BERKAT KOMUNITAS

Usaha bisa makin sukses berkat bantuan banyak orang. Salah satunya, dengan masuk ke berbagai komunitas wirausaha.

Bergaullah kepada siapa saja

Jangan sampai muncul kesan kita masuk ke komunitas tertentu hanya karena ingin dekat dengan si A atau B. Jadikan komunitas itu benar-benar sebagai sebuah keluarga besar sehingga setiap orang adalah penting. Sebab, kita tak pernah tahu, orang yang kita anggap “bukan siapa-siapa”, ternyata malah banyak membantu dan membukakan pintu relasi lebih luas kepada kita.

Tujuan bergabung dalam komunitas bisnis selain memperluas relasi sebenarnya adalah meningkatkan kemampuan. Salah satunya, yakni dengan saling bertukar ilmu seputar bisnis. Untuk itu, jika merasa punya ilmu tertentu yang bisa dibagi, jangan sungkan untuk berbagi. Ingat prinsip makin banyak memberi makin banyak menerima. Bisa jadi, kita akan makin kaya dengan ilmu yang di-sharing-kan sehingga bisa saling memberi solusi.

Jangan pelit berbagi informasi 

Kadang kala, karena merasa informasi adalah “harta” berharga, kita mencoba memilikinya sendiri. Sebenarnya memang tak salah. Tapi, alangkah baiknya, kita bisa coba berbagi informasi. Misalnya soal jaringan usaha. Justru dengan kita berbagi, biasanya orang pun akan lebih percaya pada kita. Sehingga, kita pun akan punya lebih banyak kesempatan untuk memperluas jaringan dengan saling berbagi informasi.

Jangan aktif hanya saat butuh

Kita pasti juga kurang suka jika didekati seseorang hanya pada saat butuh. Setelah didapat yang diinginkan, kemudian ditinggalkan. Jika kita merasa tak menyukainya, maka kita pun jangan melakukan hal yang sama. Bergaullah dalam komunitas dalam kondisi apa pun. Sehingga, hubungan yang terjalin pun akan berkembang ke arah pertemanan yang lebih langgeng. Dengan cara itu, hubungan saling menguntungkan pun bisa terjalin lebih lama dan pasti.

Tunjukkan kejujuran dan ketulusan dalam menjalin hubungan

Jadikan setiap hubungan dalam sebuah komunitas layaknya hubungan keluarga. Meski bisa jadi satu sama lain bersaing dalam usaha yang dijalankan, tapi saat berada di komunitas, kita justru bisa saling bantu. Karena itu, kejujuran dan ketulusan patut dikedepankan agar hubungan yang terjalin di dalamnya bisa selalu mengusung semangat win-win.

Jadi, sudah Anda putuskan mau masuk ke komunitas manakah untuk memajukan bisnis Anda? Yang pasti, jadikan komunitas sebagai “keluarga” yang saling asuh, saling dukung, saling bantu, sehingga bisnis pun bisa benar-benar berkembang luar biasa
 
 

0 comments:

Post a Comment