[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: MEMBENAHI DIRI SENDIRI Motivasi & Inspirasi Super: MEMBENAHI DIRI SENDIRI Status YM

Tuesday, 14 May 2013

MEMBENAHI DIRI SENDIRI

Memahami diri sendiri secara utuh sebelum memahami orang lain seutuhnya, tidak dimungkiri lagi sudah menjadi bagian dari karakter sukses seseorang. Selain itu ada faktor keberhasilan lainnya yang harus kita pahami betul yaitu memahami mimpi di masa depan dan belajar kesalahan di masa lalu.

Yang tidak kalah pentingnya setelah rangkaian panjang memahami diri sendiri adalah membenahi diri sendiri.

Pembenahan diri ini lebih dikenal sebagai introspeksi. Di mana kita mencari waktu tersendiri untuk merenung secara panjang dan dalam tentang apa yang sudah kita lakukan dan memikirkan langkah ke depannya. Apa yang sudah kita lakukan termasuk kesalahan yang sudah pernah kita jalani dan efek ke depan yang akan kita hadapi.

Lebih dalam lagi sesungguhnya introspeksi bukan sekadar perenungan. Ini lebih ke arah perbaikan diri hingga menemukan titik kerusakan yang telah membuat kita tidak bisa maju. Titik kerusakan ini mungkin tidak dirasakan sekilas oleh diri kita dan orang lain. Tapi kita bisa merasakan ada sesuatu yang salah yang menghambat jalan kita ke depan.

Bila kita merasa bahwa kita sudah melakukan banyak hal, tapi selalu saja merasa bahwa kita tidak pernah bisa melesat maju karena ada luka dan kepahitan yang tidak bisa juga lepas dan mematahkan keinginan kita, mungkin hal berikut harus kita lakukan.


Memilah masalah

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang tidak bisa beranjak untuk maju adalah ketidakmampuan untuk memilah masalah.

Masalah yang satu dan yang lainnya dijadikan satu hingga serasa bahwa masalah hidupnya terlalu berat dan bertumpuk-tumpuk. Padahal ketika masalah itu ditulis satu per satu akan terlihat dengan jelas mana masalah yang bisa diselesaikan dengan segera dan mana masalah yang bisa diselesaikan berikutnya. Dengan begini, masalah akan selesai satu per satu hingga tidak ada lagi namanya terbelit dalam masalah. Ketika biru dan hijau menyatu akan tercipta warna ungu. Warna yang berbeda dengan warna dasarnya. Tapi ketika kita mengurai warna biru sendiri untuk mewarnai lautan dan hijau untuk dedaunan, masing-masing akan terlihat kelebihan dan kekurangannya.

0 comments:

Post a Comment