[̲̲̅̅A̲̲̅̅s̲̲̅̅s̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅a̲̲̅̅m̲̲̅̅u̲̲̅̅a̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅i̲̲̅̅k̲̲̅̅u̲̲̅̅m̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅h̲̲̅̅m̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅l̲̲̅̅l̲̲̅̅a̲̲̅̅h̲̲̅̅i̲̲̅̅ ̲̲̅̅W̲̲̅̅a̲̲̅̅b̲̲̅̅a̲̲̅̅r̲̲̅̅o̲̲̅̅k̲̲̅̅a̲̲̅̅t̲̲̅̅u̲̲̅̅h̲̲̅̅] Motivasi & Inspirasi Super: JATUH CINTA ITU MENYEHATKAN Motivasi & Inspirasi Super: JATUH CINTA ITU MENYEHATKAN Status YM

Wednesday, 14 October 2015

JATUH CINTA ITU MENYEHATKAN

 
Jatuh cinta adalah hal yang paling menyenangkan. Selain bikin kita jadi rajin senyum, ternyata jatuh cinta itu menyehatkan lho...

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat dari jatuh cinta:

1. Mengurangi depresi dan stres: Menurut penelitian dari Health and Human Services, ketika jatuh cinta, tubuh memberikan sinyal untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Bahkan hanya dengan memandang foto pasangan, kadar hormon dopamin dalam otak meningkat. Sehingga depresi dan stres berkurang.

2. Menurunkan tekanan darah: Sebuah penelitian dari Annals of Behavioral Medicine menyatakan rasa cinta dari pasangan kekasih, keluarga dan orang sekitar memberikan energi positif yang mampu menurunkan tekanan darah. Karena rasa nyaman yang diberikan dapat mengontrol tekanan darah.

3. Menghindari rasa cemas: State University of New York menggunakan MRI fungsional untuk melihat otak orang yang  jatuh cinta, hasil penelitiannya menyatakan bahwa saat jatuh cinta otak mengatur tubuh untuk merasa tenang. Jatuh cinta mempunyai efek menenangkan rasa cemas yang kadang berlebihan.

4. Mengatasi rasa sakit dan menyembuhkan luka: Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyatakan bahwa jatuh cinta bisa mengatasi rasa sakit secara alami. Saat jatuh cinta secara otomatis dapat mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol rasa sakit. Dan bahkan semakin besar perasaan cinta yang ada maka semakin besar efeknya. Rasa sakit bisa berangsur-angsur hilang. Bahkan kekuatan dari jatuh cinta membuat luka cepat sembuh. Hal ini berdasarkan penelitian dari Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry.

5. Meningkatkan sistem imun: Hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa perasaaan cinta bisa membangun emosi positif yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih jarang sakit. Efek sosial yang ditimbulkan dari jatuh cinta membuat seseorang rajin merawat kesehatan dan kebersihan tubuhnya sehingga terhindar dari penyakit.

6. Menurunkan berat badan: Saat jatuh cinta, tubuh akan memproduksi norepinephrine secara terus-menerus. Senyawa ini bisa membantu mencegah kita makan berlebihan.

7. Mencegah penuaan dini: Tersenyum dan banyak tertawa saat jatuh cinta bukan hanya membuat kerutan wajah bisa berkurang dan membuat cerah alami. Saat jatuh cinta ternyata tubuh menghasilkan oxytocin. Zat ini dibutuhkan untuk melepaskan DHEA, hormon yang bertugas sebagai anti-penuaan dan meningkatkan peremajaan kulit serta sel-sel tubuh.

8. Baik untuk jantung: Para peneliti di University of Rochester di New York membuktikan bahwa hubungan asmara yang bahagia akan memberikan ketahanan jantung yang tiga kali lebih baik. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa pernikahan yang baik akan memberikan keuntungan bagi kesehatan jantung, seperti mau berhenti merokok, menjaga berat badan, dan memperkecil risiko serangan darah tinggi. Penelitian lain yang dilakukan di University of North Carolina dan di Human Communication Research, mereka berdua menemukan bahwa jatuh cinta dapat memberikan dampak positif terhadap kolesterol.

Wah ternyata banyak banget ya manfaat dari jatuh cinta, jadi enggak ada salahnya dong jatuh cinta setiap hari sama pasangan ataupun orang terkasih...

0 comments:

Post a Comment